Sekjen DPR Tingkatkan Kerjasama dengan Garuda Indonesia
Dalam rangka meningkatkan kinerja anggota dewan, Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyastiti menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan layanan sebelum penerbangan dengan PT Garuda Indonesia (persero) pada Jumat, (29/04) di Ruang Rapat Sekretariat Jenderal, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.
Ini adalah salah satu upaya dari Setjen DPR untuk meningkatkan pelayanan anggota dewan sehingga bisa meningkatkan kinerja. “ Semoga dengan kerjasama ini bisa meningkatkan layanan dan kinerja anggota dewan,” ujarnya.
Kerjasama ini dimaksudkan untuk memperkuat aspek keprotokolan ketika anggota dewan melakukan kunjungan ke daerah. “Ini lebih terkait aspek keprotokolan anggota dewan. Sehingga lebih ada kemudahan dan kelancaran ketika check in atau ketika menunggu pesawat di lounge. Nanti akan ada petugas bandara yang mendampingi,’ ujar Win, sapaan akrab Winantuningtyastiti.
Win menjelaskan bahwa kerjasama antara Setjen DPR dengan Garuda Indonesia sudah terjalin sejak satu tahun lalu, jadi kerjasama kali ini sifatnya lebih karena perluasan cakupan wilayah. “Kerjasama dengan Garuda sudah ada sejak 1 tahun lalu, tapi cuma ada di Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma, jadi ini adalah kelanjutan kerjasama yang diperluas.
“Perluasan itu adalah Bandara Kualanamu (Medan), Bandara Sepinggan (Balikpapan), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Ngurah Rai (Bali) dan Bandara Juanda (Surabaya). Jadi saat ini ada tujuh bandara,” sambungnya.
Terkait kerjasama ini, Win mengaku senang karena ditengah dinamika politik dan ditengah persaingan bisnis penerbangan. “Alhamdulillah, kami senang hari ini bisa hadir dalam penandatangan MoU dalam rangka penyediaan layanan sebelum penerbangan antara Setjen DPR dengan Garuda Indonesia,”
Dalam penandatanganan ini, Win berharap kerjasama ini tidak hanya terjadi di atas kertas saja, tetapi juga diikuti dengan profesionalitas para staff dari Garuda Indonesia ketika ada anggota dewan yang datang atau tiba ke bandara.
“Tadi saya sampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya diatas kertas, tapi seluruh staff di lapangan juga harus tahu di lokasi ketika ada anggota dewan di tujuh bandara tadi. Seperti check in itu harus dilayani dengan baik. Jangan sampai ada staff yang bertugas di lapanan tapi tidak tahu,” jelasnya,
Selain itu, Direktur Pelayanan Garuda Indonesia, Nicodemus P. Lampe mengatakan terima kasih atas kepercayaan Setjen DPR kepada Garuda Indonesia sehingga bisa ikut berkontribusi dalam upaya meningkatkan kinerja dewan. “Puji syukur karena saat ini bisa tanda tangan MoU kerjasama pelayanan sebelum penerbangan. Atas nama Garuda Indonesia kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk melayani penerbangan anggota dewan melalui Garuda Indonesia,” paparnya.
Ia menjelaskan dengan adanya kerja sama ini anggota dewan bisa mendapatkan pelayanan yang lebih, hal itu penting untuk mengimbangi agenda dewan yang cukup padat. “Kita ingin supaya anggota dewan lebih dapat menikmati layanannya. Karena sibuk sehingga butuh pelayanan yang baik. Sehimgga kita bisa berkontribusi dalam meningkatkan kinerja dewan,” ujar Nico.
Selain itu Nico juga menjelaskan bahwa Garuda Indonesia adalah salah satu dari tujuh maskapai penerbangan di dunia yang mendapat anugerah bintang lima. “Kita juga salah satu dari tujuh maskapai yang mendapat anugerah bintang lima. Mudah-mudahan ini adalah hal yang baik an ada hal baik untuk mengangkat nama baik Indonesia,”
Dalam penandatanganan kerja sama ini, hadir pula oleh Deputi Bidang Administrasi Achmad Djuned dan Deputi Bidang Persidangan Damayanti beserta sejumlah jajaran. (hs,mp)/foto:runi/iw.